PENYULUHAN STUNTING IBU DAN ANAK DI DESA BATU MEKAR

  • Sep 25, 2023
  • admin desa batu mekar


Batu Mekar (11/09)- Stunting merupakan masalah gizi kronis yang penyebabnya adalah asupan gizi yang kurang dalam waktu yang sangat lama, karena umumnya asupan dari makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan mulai terlihat pada saat anak berusia kurang lebih tiga tahun. Memperhatikan asupan makan anak sejak dini sangat penting untuk menghindari berbagai macam masalah akibat kekurangan gizi. Salah satu cara memastikan bahwa anak cukup dengan asupan gizi yaitu dengan memperhatikan tinggi badan. Jika anak lebih pendek dari teman seusianya, bisa jadi anak tersebut mengalami kekurangan gizi. selain pertumbuhan terhambat, stunting juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal yang menyebabkan mental dan juga belajar yang kurang, serta prestasi sekolah yang buruk. Stunting dan kondisi terkait kurangnya gizi juga dianggap salah satu faktor resiko hipertensi, obesitas, diabetes, sampai mengakibatkan kematian akibat infeksi.

Menurut petugas dari Puskesmas Batu Mekar, penyebab stunting: 
1. Memperlambat perkembangan otak
2. Keterbelakangan mental
3. Resiko serangan penyakit kronis (diabetes, hipertensi, hingga obesitas
4. rendahnya kemampuan belajar

Gejala dari stunting:
1. Pertumbuhan tulang pada anak yang tertunda.
2. Berat badan rendah apabila dibandingkan dengan anak seusianya.
3. Sang anak berbadan lebih pendek dari anak seusianya.
4. Proporsi tubuh yang cenderung normal tapi tampak lebih muda/kecil untuk seusianya.

Upaya untuk mencegah stunting dilakukan dengan pendekatan yang menyeluruh, seperti melakukan posyandu dan juga pemberian pengetahuan tentang gizi anak, dimulai dari makanan apa saja yang boleh dimakan oleh bayi diatas enam bulan dan pwngetahuan tentang penringnya asi ekslusif.

Seperti hal yang dilakukan sejumlah petugas kesehatan dari puskesmas Batu Mekar dengan memberikan penyuluhan kepada warga desa Batu Mekar yang bertempat di Aula Balai Desa hari senin 11 September 2023.